Selasa, 24 Juli 2012

Dani Pedrosa (Biography)



BIODATA
Nama : Dani Pedrosa
Tim : Repsol Honda
Kebangsaan : Spanyol
Lahir : Sabadell, 29 September 1985
Tinggi/Berat : 158cm/51Kg
Hobi : Musik, Internet
Karir :
  1. Tim Honda, 125 cc (2001 – 2003)
  2. Tim Honda, 250 cc (2004 – 2005)
  3. Tim Honda, MotoGP (2006 – 2007)

Mesin Motor :

1. Type : 4 stroke
2. Configuration/Cylinder no : 5 cylinders into V
3. Displacement : 990 cc
4. Declared power : + 240 HP
5. Fuel system : Electronic injection
6. Gearbox : 6 ratios, extractable
7. Clutch : Dry, multidisc
Penghargaan :
  1. Juara ke-3 Kejuaraan Minibike Spanyol (1997)
  2. Juara ke-1 Minibike Spanyol (1998)
  3. Juara ke-8 Trophy Piala Movistar Activa Joven (1999)
  4. Juara ke-4 Kejuaraan GP 125 Spanyol (2000)
  5. Juara ke-8 Kejuaraan Dunia GP 125 (2001)
  6. Juara ke-3 Kejuaraan Dunia GP 125 (2002)
  7. Juara Dunia 125 cc (2003)
  8. Juara Dunia 250 cc (2004)
  9. Juara Dunia 250 cc (2005)
  10. Juara ke-5 Kejuaraan Dunia MotoGP (2006)
BIOGRAFI
Daniel “Dani” Pedrosa Ramal, lahir pada tanggal 29 September 1985 di Sabadell, Spanyol adalah seorang pembalap motor Grand Prix. memulai debut balap GrandPrix motor pada tahun 2001 di kelas 125 cc bersama tim Telefonica movistar Honda JR, dan meraih posisi ke 8 klasemen akhir.
Dani Pedrosa mulai mengendarai motor sejak usia empat tahun. Balapan pertamanya bersama teman-temannya dengan menggunakan motor kecil replika dari Kawasaki yang ia dapatkan saat usianya enam tahun. Pengalaman balapnya di mulai sejak usia 11 tahun, dimana ia mengikuti kejuaraan Minibike Spanyol dan mengakhiri debutnya pada musim itu di juara ke-2.
Daniel Pedrosa memulai debut balap GrandPrix motor pada tahun 2001 di kelas 125 cc bersama tim Telefonica movistar Honda JR, dan meraih posisi ke 8 klasemen akhir. Pada tahun 2002 ia meraih juara 3 dunia GP 125 cc untuk tim Telefonica.
Di musim balap 2003 bersama tim Telefonica movistar Honda JR, ia merebut juara dunia GP 125cc dengan poin 223. Dan pada tahun 2004 ia pindah ke kelas 250 cc dan bergabung dengan tim telefonica movistar Honda 250, dan langsung merebut juara dunia GP 250 cc.
Tahun 2005 Dani Pedrosa mempertahankan gelar juara dunia GP 250 cc. Di musim balap 2006 ia pindah ke kelas MotoGP untuk tim Repsol Honda, bersama pembalap Amerika Nicky Hayden.
Biografi
Daniel "Dani" Pedrosa Ramal atau Dani Pedrosa lahir pada tanggal 29 September 1985 di Sabadell, Spanyol. Pria yang berpostur tubuh 158 cm dan berat 51 kilogram ini adalah pembalap utama pabrikan Honda yang bergabung bersama tim Repsol Honda HRC. Walau bertubuh relatif kecil untuk ukuran orang Eropa, Pedrosa mempunyai prestasi yang luar biasa di ajang balap motor dunia. Karirnya di dunia balap motor dimulai ketika ia baru berusia 12 tahun dengan menjadi juara 3 pada Spanish Pocket Bike Championship. Setahun kemudian, dengan semakin matangnya keterampilan membalapnya, ia berhasil menjuarai Spanish Pocket Bike Championships.

Setelah menjadi juara Spanish Pocket Bike, tahun 1999 Pedrosa mulai menapaki kejuaraan balap yang lebih tinggi lagi, yaitu Movistar Activa Joven Honda Cup. Pada tahun itu ia menempati posisi ke-8 dengan menggunakan motor Honda RS 125. Tahun berikutnya (2000), ia pindah lagi ke kejuaraan Spanish Championship 125cc dan berhasil meraih posisi ke-4 dengan menggunakan motor Honda RS 125.

Setelah menjadi juara kelas 125cc di seantero Spanyol, pada tahun 2001 Pedrosa mulai menapaki kejuaraan balap motor dunia, yaitu MotoGp. Masih dengan menggunakan motor Honda RS 125, pada tahun itu dia hanya berhasil menduduki peringkat ke-8 pada klasemen akhir kejuaraan. Setahun berikutnya, masih di kelas 125cc bersama tim Telefonica Movistar Honda JR, Pedrosa dapat memperbaiki peringkatnya menjadi urutan ke-3 pada akhir musim perlombaan tahun 2002. Baru pada musim balap tahun 2003, masih bersama tim yang sama, Pedrosa berhasil menyodok ke peringkat pertama dengan meraih total poin 223.

Description: Dani Pedrosa, Pembalap, MotoGP, Biografi
Sukses menjadi juara dunia di kelas 125cc, merupakan modal bagi Pedrosa untuk menjejakkan langkahnya ke kelas yang lebih tinggi, yaitu kelas 250cc. Pada tahun pertama debutnya di kelas 250 cc, bersama tim Telefonica Movistar Honda 250, ia langsung menjadi juara dunia Grand Prix 250cc. Satu tahun kemudian (2005), ia kembali mendominasi balapan dan mempertahankan gelar juara dunia GP 250cc.

Pada musim balap tahun 2006, Pedrosa mulai tampil di kelas utama (MotoGp). Masih menggunakan motor Honda, ia bergabung bersama tim Repsol Honda HRC. Tim ini adalah tim besar yang telah membawa Michael Doohan merebut gelar juara dunia 5 kali berturut-turut (1994, 1995, 1996, 1997, 1998), Alex Criville menjadi juara dunia tahun 1999, dan Valentino Rossi menjadi juara dunia tahun 2002 dan 2003.

Tahun pertama tampil di kelas MotoGp ini prestasi Pedrosa belumlah seberapa. Selain harus beradaptasi dengan kendaraan barunya, ia juga mendapat saingan ketat dari para pembalap senior yang lebih dulu malang melintang di balapan MotoGp. Meskipun demikian, ia sempat menjadi juara ke-3 pada musim balap tahun itu (2006). Sebagai catatan, di tahun 2006 ini yang menjadi juara dunianya adalah rekan satu tim Pedrosa, yaitu Nicky Hayden.

Pada musim balap tahun 2007, seiring dengan adanya perubahan regulasi dari 1000cc menjadi 800cc, Pedrosa yang berpostur kecil ini ditunjuk sebagai pembalap utama pabrikan Honda. Hal ini sempat membuat beberapa pembalap Honda, terutama juara bertahan waktu itu Nicky Hayden, menganggap bahwa Honda sengaja menciptakan tunggangan yang khusus untuk Pedrosa. Namun, lepas dari anggapan miring tersebut, Pedrosa mampu menunjukkan prestasinya dengan menjadi runner up pada musim balap tahun 2007, di bawah Casey Stoner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar